Berikanlah Yang Terbaik tuk Tuai Yang Terbaik

Sedikit berlari kupercepat langkahku, dengan kekuatan penuh dan ukuran super buat ibu2 beranak tiga sepertiku untuk mencapai mesin absen. Ciaattt...kedip hijau dan bunyi mesin dengan tulisan 07.59 membuatku bernapas lega...fuih selamat. Kulanjutkan melenggang ke loker untuk menaruh tas dan mengusap kuas spon bedak ke wajahku nan kusam berkutat dengan knalpot motor2 pagi.
Aku bekerja di perusahaan otomotif anak perusahaan Astra ini sudah 9 tahun, suka duka asam garam bahkan manis pahit kerja sudah kulalui. Semangat naik turun yang entah berapa prosentasenya sudah kulalui beberapa dekade, namun letih pagi ini yang tidak berubah. Letih berkutat dengan kesibukan pagi,sibuk mengejar absen, ibarat artis, mesin absen adalah mesin yang mengharuskan aku berlari bagai fans mengejar artisnya.
"Assalamualaikum bu", sosok muda itu menyapaku, Zhafran adalah anak buahku di line Quality Warehouse tempat aku bekerja. Masih muda, sederhana tapi pekerjaan pekerjaannya dilakukan dengan sempurna. Jika dinilai dari 1-10 maka nilainya adalah 9,5.
"Wa'alaikumsalam mau kemana zhafran?"
"Ini bu menyerahkan berkas BAP ke bu Erlin"jawabnya.
Motto hidupnyalah yang membuat dia berbeda dari karyawan lain kebanyakan, "sebaik baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang banyak bu" ucapnya ketika wawancara. Seingatku itu sesuai hadist Nabi.
Zaman sekarang menjadi Gen Y berkarakter amatlah susah, arus zaman menggerus idealisme, hanya Gen Y dengan didikan konsisten dari keluarga dan lingkungannyalah yang penting membentuk karakternya.
Hari ini hari yang sibuk, banyak claim dan request masuk menyebabkan kami kewalahan mengerjakannya, hingga saat pulang area Quality masih banyak part bergeletakan dan overflow. Entah kenapa hari itu semua man power yang ada tidak bisa lembur dan hanya Zhafran yang menyatakan bersedia ikut membereskan pekerjaan.
"Zhafran kita harus selesaikan malam ini juga menjawab claim dan melakukan input di system,jika tidak mmaka customer akan kecewa jika tidak mendapatkan jawaban segera, mobil mereka bisa di bengkel lama dan kerugian yang dirasakan akan semakin banyak " ucapku.
"Ok bu, saya akan kerjakan sampai tuntas" ucapnya semangat.
Dengan cekatan ia melakulan investigasi dan melakukan penjawaban di system tapi matanya tampak memancarkan kegelisahan.
"Kenapa zhafran?ada yang jadi pikiran?"
"Enggak bu saya hanya memikirkan Sebenarnya tadi saya ada ujian masuk kursus bahasa inggris bu tapi pekerjaan sedang banyak,mungkin lain waktu"
"Lho kenapa tidak bilang, saya bisa minta tolong yang lain zhafran untuk mengerjakan tugas ini" ucapku kaget
"Tidak masalah bu, customer no satu, jika claim ini tidak saya jawab maka mereka akan kecewa, pelayanan kita tidak memuaskan, bagaimana mereka mau merekomendasikan teman atau saudaranya beli produk kita? Pesan ibu saya di kampunh berikan pemberian yang terbaik untuk menuai hal yang baik pula"

Masya Allah saya belajar dari anak umur 19 tahun makna customer satisfaction, makna yang terkandung juga dalam Al Quran dan Hadist. Setiap laku kita mulai dari menghagai waktu,bersungguh sungguh dalam pekerjaan bahkan memuaskan pelanggan ada aturannya dalam Islam, terima kasih y Allah masih Kau berikan kesempatan hambaMu belajar memetik hikmah bahkan dari anak semuda Zhafran.

Nama Lengkap: 
Septania Rosida
Nama Kontingen Perusahaan: 
TOYOTA
Alamat Perusahaan: 
Jl. Selayar blok A1-2, Kawasan MM2100,Cibitung