Insan Astra ituuu Keluarga Besar

Suatu pagi di sebuah perjalanan 3 tahun lalu. Didalam sebuah gerbong kereta Tegal Express, aku berjalan menyusuri lorong kursi sambil sesekali melihat tiket yang kupegang, menyocokkannya dengan nomor kursi yang tertulis pada dinding kereta diatas kaca. Hingga sampai pada ujung lorong gerbong
“Loh kok ngga ada nomornya?” tanyaku dalam hati, bingung sambil menatap tajam kertas tiket yang masih kupegang memastikan lagi bahwa aku tidak salah melihat nomor
“Ngga ada ya mba nomor kursinya, sama, udah duduk aja sini, kata petugasnya juga tadi bilang gitu”
“Kalo yang punya kursi dateng?” tanyaku khawatir
Perempuan itu hanya mengangkat bahu. Dia terlihat sangat santai dan cuek, seperti mengisyaratkan “udah itu urusan nanti”
Tak lama akupun mengikuti sarannya, duduk persis di hadapannya.
Perempuan itu pun melemparkan senyum, tapi sedikit. Sepertinya dia sedang asyik dengan novel yang dibacanya. Dari penampilannya sepertinya kita seumuran.
Kereta terus melaju, sudah setengah jam berjalan dan aku masih tetap asyik memandangi keluar jendela, menikmati pemandangan yang sebenernya ngga asik, terik dan macet kendaraan bermotor, maklum namanya juga masih di Jakarta.
“Bosen ih baca buku mulu, kamu mau pulang kemana?” Perempuan itu tiba-tiba nyeletuk sambil menutup bukunya
Diawali dengan pertanyaan sesederhana itu kamipun jadi mengobrol sepaaanjang perjalanan. Namanya Nadia dan ternyata dia kerja di Daihatsu, sunter pula. Wah semakin akrab saja kita, kami mengobrol banyak hal, apalagi setelah tau sama-sama dari Astra entah mengapa perasaan kita langsung berubah menjadi seperti teman lama, teman yang sudah lama kenal dan baru ketemu lagi lalu menceritakan banyak sekali hal dan nyambung.
Mungkin bukan cuma aku dan Nadia saja yang merasakan perasaan seperti ini, sudah sering aku mendengar cerita dari banyak teman, entah lagi di mall, di halte, di warung, di bioskop, dimanapun ketika melihat disebelahnya pakai seragam Astra aja, Astra manapun itu udah ngga segan segan lagi untuk bertanya ataupun mengobrol.
Bekerja di Astra, aku merasa seperti punya banyak teman dan saudara dimana-mana, apalagi rata-rata orang Astra ingatannya keren-keren yah sekali kenalan aja kalo ketemu lagi dijalanpun pasti nyapa, masih inget aja gitu :). Aku senang menjadi bagian dari keluarga besar Astra, ukhuwah antar insan Astra memang patut di acungi jempol.
6 jam perjalanan menjadi tidak terasa karena mengobrol dengan Nadia. Voice Over kereta sudah menginformasikan sebentar lagi sampai di stasiun Brebes, aku pun bergegas siap-siap untuk turun. Kami pun berpisah dan sama-sama berharap bisa bertemu lagi dilain waktu dan lain kesempatan.
Sayang, saking asiknya ngobrol kami sampai lupa tukeran nomor HP.
Hai Nadia, semoga kamu baca cerpen aku ini yah :)

Nama Lengkap: 
Murni Anggraeni
Nama Kontingen Perusahaan: 
Astra International - Head Office
Alamat Perusahaan: 
Jl. Gaya Motor Raya No.8 Sunter 2 Jakarta Utara