Kebaikan-kebaikan Kecil

Beberapa bulan yang lalu ketika sore itu sepulang kerja di PT Astra Otopart Divisi Adiwira Plastik saya pulang menggunakan angkot 08 dari tempat kerja menuju rumah. Pengemudi angkot itu masih muda seumuran saya sekitar 25 tahun umurnya. Di dalam angkot duduk tujuh penumpang, termasuk saya di situ, terlihat kursi angkot masih kosong. Ditengah perjalanan, banyak angkot saling salip menyalip untuk berebut penumpang karena waktu itu jam pulang kerja.

Seketika ada pemandangan yang membuat mata saya untuk memperhatikannya. Didepan angkot yang saya tumpangi, ada seorang ibu denagn 2 orang anak usia remaja berdiri ditepi jalan. Tiap kali ada angkot yang berhenti dihapannya, dari kejauhan saya bisa melihat si ibu berbicara kepada sopir angkot, lalu angkot melaju kembali tanpa mengangkut mereka, kira- kira kenapa ya ?” dalam hati saya berpikir.

Ketika angkot yang saya tumpangi lewat di depan hadapan si ibu, si ibu bertanya “ Bang, terminal bus ?”, si supir menjawab “ Iya bu “, heran si ibu tidak langsung naik dan diam seketika, si ibu berkata “ tapi saya tidak ada ongkos bang “ , sambil tersenyum si sopir menjawab “ naik aja bu “ si ibu bertanya kepada si supir angkot “ bener bang, saya tidak ada uang sepeser pun “ , “ naik aja bu nga apa- apa “
Sesaat terlihat si ibu ragu-ragu, sopir mengulangi omongannya “ ayo ibu naik aja “, saya kagum dengan kebaikan sopir angkot yang masih muda itu, disaat angkot lain saling berlomba untuk mancari penumpang, sopir muda itu malahan merelakan 3 kursi penumpang gratis kepada si ibu dan anaknya.

Ketika sampai di terminal bus, ibu dan anaknya turun. Si ibu mengucapkan terimakasih kepada sopir angkot. Di saat si ibu turun di belakannya pun ada seorang penumpang pria turun lalu membayar dengan uang 20.000 , ketika sopir angkot hendak memberikan uang kembalian , pria itu berkata “ ambil aja bang, itu sekalian ongkos si ibu dan anaknya tadi, terus jadi orang baik ya “ ujar pria tersebut kepada sopir angkot.

Sore itu saya benar-benar dibuat kagum dengan kebaikan-kebaikan kecil tersebut. Seorang Ibu ‘kurang mampu’ yang jujur, seorang Sopir yang baik hati dan seorang penumpang yang berjiwa besar. Mereka saling mendukung untuk kebaikan.

Nama Lengkap: 
R Muhamad Ramdhan
Nama Kontingen Perusahaan: 
Astra Otoparts - Divisi Adiwira Plastik
Alamat Perusahaan: 
Jl raya jakarta bogor km 51,3 sukaraja bogor 16710