Kesan Pertama yang Menjaga Prasangka Baik Sesamamu

Wajah yang basah, keringat bercucur jatuh, rambut yang kocar kacir..Lho ko’?hhe.. Iya maksudnya belum tersisir dengan rapi ahmad :), juga masih berkaos oblong ala rapper (belum mengenakan seragam kebesaran ) . Aku, tjieeelaa A...ku?hhhi , yaa aku menata satu persatu dus-dus dan box berisikan sparepart dan oli-oli keatas troli untuk ku masukan kedalam gudang, setelah proses penerimaan koli parts dari rekan delivery TAM. Demikian runtutan awal tugas seorang Partman / petugas gudang Auto2000.
Aku mulai mebuka box –box parts , ku hitung dan ku tata parts ke lokasi penyimpanan dengan fokus dan hati-hati agar menjamin kondisi parts yang baik dengan qty parts yang sesuai dengan invoice yang dilampirkan.”Permisi, mas.. !,sudah buka kan sparepartnya?” kudengar suara dari dekat pintu ...aku bergumam dalam hati,huufht “ baru jam berapa ini? si Bapak gak tahu kayanya jam buka bengkel masih 30 menit lagi, orang masih beres-beres, barang masih berantakan, lampu gudang juga belum nyala semua, tandanya kan belum buka, dan seterusnya. Yaa dalam situasi seperti itu yang ada dalam benak hanya tentang pembenaran pandangan diri sendiri, keadaan tentang aku harus begini, mesti begitu, sifat ananiyah (ke-aku an/egois) yang tidak dibenarkan
Keadaan demikian jika kuteruskan lalu tidak beristighfar lagi sabar, maka hati menjadi sesak, raut wajah yang tampil menjadi raut wajah yang masam tak bersahabat dan keruwetan tanpa alasan. Namun dengan segera kutarik nafas dalam, kuhela perlahan, lalu beristighfar “asstaghfirullah” lalu spontan teringat pesan guru majlis yang pernah aku hadiri , dalam kajian sunnahnya tentang adab terhadap sesama manusia ( sesama muslim ) beliau menyampaikan : “Hendaklah kita mempergauli saudara /sesama kita dengan akhlak yang mulia, memberi segala sesuatu yang ma’ruf dan menahan diri dari menyakitinya, menghadapinya dengan wajah ceria, menerima kebaikannya, memaafkan kesalahannya, juga tidak membebaninya dengan sesuatu di luar kesanggupannya”.
Kembali dengan kesadaran dan keadaan stabilku, dengan sigap dan penuh perhatian kusambut bapak yang sedari tadi sudah menunggu respon ku, “ iyaa...Selamat pagi pak, sparepartnya sebentar lagi buka pak, sekitar jam 8 sama seperti operational bengkel pak mari..silahkan duduk dulu pak” sambil kunyalakan komputer dan ku lakukan login user. “Baik, bagaimana bapak ada yang bisa saya bantu ?” aku membuka pembicaraan. “mas, gini saya mau tanya memang untuk Innova 2016 nya yang tipe G luxury ada spion elektriknya ya mas ? Saya kebetulan lihat pas lagi parkir di Mall KoKas, karena saya penasaran sembari jalan kerja pagi ini, saya mampir kesini mau cari tahu, karena di mobil saya kok ga ada spion elektrik nya?” tanya beliau penasaran. “Baik, jadi bapak menanyakan apakah di mobil innova reborn tipe G nya terpasang electric miror atau tidak sebenarnya, seperti itu ya pak ? kembali ku menegasi kebutuhan beliau.
“Jadi seperti ini pak, memang feature bawaan di Innova reborn tipe G itu tidak terdapat elektrik mirror nya, yang bapak lihat mobil milik orang lain itu, mobil tersebut sudah dipasang accesories tambahan untuk mendukung elektrik mirrornya. Dan di Accesories Auto2000 tersedia kok pak, namun memang harus dipesankan terlebih dahulu” Aku mencoba menjelaskan. “oo pantes mas, berarti itu accesories tambahan ya? Kira-kira berapa kalau pasang itu mas? Beliau antusias bertanya. “sebentar ya pak, saya coba cek katalog accesoriesnya, baik ketemu nih pak..diestimasikan harga berikut ppn dan sudah termasuk jasa pasang sebsesar 2,9 juta pak”aku menjelaskan. “Lumayan mas ya..hmmb kalau saya mau pasang disini bisa? Berapa hari mas menunggunya?kembali beliau bertanya.
Singkat cerita, bapak pelanggan tersebut memutuskan untuk memasang Accesories tambahan untuk mobil miliknya, tanpa terlalu banyak pertimbangan beliau melakukan transaksi full pembayaran setelah aku buatkan surat pesanan.Dari transaksi yang beliau lakukan, menutup pencapaian target penjualan counter sparepart pada akhir bulan april lalu.
Hikmah yang ingin saya sharing adalah sudah seyogyanya kita dapat memenuhi hak-hak atas adab berperilaku kita sesama manusia (terlebih sesama muslim), perlakukanlah sesama sebagimana kita ingin diperlakukan. Dan berfikir sebelum bertindak itu merupakan cerminan sudah seberapa dewasa dan bijaksana nya kita menghadapi berbagai keadaan.Banyak ayat dalam alquran yang menegaskan perihal larangan berburuk sangka, salah satu ayat nya terdapat pada surat Al-hujurat :12 yang memiliki arti sbb : "Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka. Sesungguhnya sebagian dari prasangka itu adalah dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.

Nama Lengkap: 
Eko Wantoro Ari Putro
Nama Kontingen Perusahaan: 
AUTO 2000
Alamat Perusahaan: 
JL Pramuka Raya No. 146 Kav. 29-30 Utan Kayu Selatan Matraman Jakarta Timur 13120