Lepas dari Jeratan

Wajahnya sumringah, tertawa lepas, sangat bahagia. Terlihat olehku wajah Pram yang baru masuk. Kenapa Pram?, Seperti nya seneng banget. Habis dari mana?. Hehehehe,... senyum nya semakin melebar. Habis dari HRD, biasa TOP Up lagi.

Astagfirullah. Kamu ambil utang lagi Pram?. Kan yang kemarin belum kelar. Kenapa Ambil utang lagi?. Ingat Pram. Itu riba. Dan lagian emang ga takut apa mati bawa utang. Kan kalau mati bawa utang ga bisa masuk surga Pram. Kamu mesti pertanggung jawabkan utangmu walaupun kamu udah mati.

Habis aku tak punya pilihan sih bro. Kalau ga ngutang ga jadi punya apa-apa. Coba kamu bayangkan deh. Kalau ga ngutang kapan aku punya rumah, mobil, hp bagus. Semua aku punya ya karena aku ngutang.

Wah Pram. Kalau prinsipmu begitu atuh susah. Kalau menurut ku sih , kalau kita pengin sesuatu ya kita harus sabar. Kalau sudah ada uangnya baru beli. Pasti lebih puas. Lebih tenang. Dan yang pasti tidak dikejar-kejar cicilan. Ayooo bro... move on.. lelaki sejati beli barang tanpa riba, tanpa hutang. Itu baru keren.

Sepertinya Pram kenyang dengan celoteh ku tiap hari. Setiap ketemu pasti selalu aku sindir.. ud lunas belum tuh HP?. Jangan sampai mati bawa utang loh.. berat tanggung jawabnya bro..

Setahun kemudian....
Malam ini, malam terakhir kami training. Tiba sesi setiap peserta harus menentukan siapa orang yang paling berhak mendapatkan hadiah dari masing-masing peserta. Harus dipikirkan baik-baik siapa orang yang paling berjasa telah mengubah hidupnya menjadi lebih baik.

Satu persatu setiap peserta telah memberikan hadiah kepada orang yang dianggap berjasa. Rata-rata mereka memberikan kepada atasannya.

Tiba giliran Pram. Tak disangka dia memberikan hadiah itu kepada ku. Aku bingung dengan Pram. Kok aku yang dikasih. Selama ini aku biasa saja. Dengan penuh haru Pram berkata " Terimakasih bro.. kamu telah berjasa kepada ku. Telah mengubah hidupku. Terima kasih karena selama ini selalu mengingatkan aku tentang hutang.

Alhamdulillah. Allahuakbar. Ternyata apa yang aku lakukan telah mengubah hidup teman ku. Bahagia sekali rasanya bisa membuat kehidupan seseorang jadi lebih baik

Nama Lengkap: 
Rini setyawati
Nama Kontingen Perusahaan: 
Astra Honda Motor
Alamat Perusahaan: 
Jl Kalimantan blok aa1. Kawasan industri mm2100. Kec Cikarang barat. Kab Bekasi. Jawa barat