Menjadi Insan yang Bermanfat Bagi Sesama

Saya punya sepenggal cerita yang saya ingin sampaikan kepada rekan-rekan semua. Saya punya seorang teman SMP, Firman ku panggil dia. Beliau adalah seorang Mahasiswa S3 calon doktor . Suatu hari saya bersama 2 teman saya bersilahturahmi ke rumah beliau, kami bertanya kepada Firman.
“Man, Apa yang membuat kamu untuk nerusin sekolah sampai S3 ?” Apa karena yang pernah kamu bilang karena perintah Allah, yaitu untuk menuntut ilmu sampai setinggi- tingginya ?” Firman menjawab “ Tidak “ . Teman saya bertanya kembali , “ Lantas apa ?” Firman menjawab “ saya hanya ingin menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain”.
Kami terdiam sejenak, saat mendengar jawaban tersebut, saya seperti mendapat tamparan keras, Masya Allah, saya kagum dengan jawaban beliau. Perlu anda ketahui, dulu Firman adalah seorang anak guru ngaji dengan ekonomi keuangannya yang masih pas-pasan, ternyata di tengah keterbatasan keuangan, dia tidak ingin hidupnya menjadi hampa dan sia- sia. Namun, keterbatan ekonomi yang ia miliki justru menjadi pemicu semangatnya untuk selalu bangkit menjalani kehidupan.
Berkali- kali orang tuanya menyuruh beliau untuk diam dirumah saja, tapi beliau menolaknya. Beliau ingin mematahkan persepsi orang- orang yang mengatakan bahwa orang dengan keterbatasan ekonomi dari kampung tidak bisa sukses dan tidak beguna. Jadi beliau bangkit dan ingin menjadi orang yang bermanfaat dengan mengamalkan ilmunya kepada orang lain.
Beliau ternyata setelah lulus dari Sekolah Menengah Pertama beliau mendapatkan beasiswa sampai S3 dari hasil kegigihan dan ketekunan Firman, disela- sela kesibukannya dia masih meneruskan kegiatan orang tuanya yang telah meninggal yaitu menganjar ngaji, teman saya pun bertanya “ tidak cape kamu man ?” firman menjawab “ sesuai dengan cita cita saya yaitu hanya ingin menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain, tidak hanya untuk bekal didunia tapi bekal di akhirat juga “,
Dan tak hanya itu di dalam kesibunnya kuliah dan mengajar ngaji dia masih menyempatkan untuk mengajar anak- anak jalanan bersama rekan rekan dia di kuliah, “ Saya kasihan pada anak- anak yang ingin menuntut ilmu tapi karena keterbatasan ekonomi harus terkalahkan, itu hal yang pernah saya alami, jadi ini yang saya dan rekan- rekan saya yang bisa lakukan” ujar firman.
Kumandang azan pun terdengar, “ ayo kita ke mushola ! “ ajakan firman kepada kita, kita pun berangkat ke mushola yang tidak jauh dari rumah firman, didalam perjalanan firman bercerita pengalaman- pengalaman setelah kita lulus sekolah menegah pertama, tak kala didalam perjalan firman menyapa warga di sekitar perjalanan , dalam hati berbicara “ ramah sekali ini orang” ujar saya.
Sungguh betapa mulianya seorang mukmin yang senantiasa menjaga ibadah dan akhlaknya, senantiasa menjaga keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah. Sama sekali tidak ada keluh kesah dan air mata kesedihan. Yang tatkala cobaan dan ujian menimpa, hanya kesabaran dan keikhlasan yang ia tunjukkan. Di saat gemerlap dunia kian dahsyat menerpa, ia tetap teguh mempertahankan keimanannya. Ia bisa menjadi penyejuk hati bagi orang-orang di sekitarnya.
Bagaimana dengan kita..? Apakah kita dapat bermanfaat dan menjadi Penyejuk Hati bagi orang lain.? Selama ini, hal trbesar apakah yang sudah Anda lakukan..?
Ini tentu menjadi pelajaran bagi kita. Di tengah hiruk pikuk kehidupan ini, jadilah seseorang yang bermanfaat. Seseorang yg dapat memberikan suntikan semangat, saat orang- orang disekitarnya sedang kelelahan. Dan seseorang yang bisa memberikan oase kesejukan hati di tengah hiruk pikuk kehidupan Dunia.
Jadikanlah deburan cobaan yang menerjang dan keterbatasan yang kita miutiara kehidupan. Karena dengan cobaan- cobaan itulah kita akan terlahir menjadi sosok manusia baru yang semakin tangguh. Sosok manusia yang menjadikan cobaan Dunia ini hanya sebagai permainan belaka, karena ia tahu. Bahwa cobaan yg sebenarnya baru akan dihadapi pada hari Akhir.

Nama Lengkap: 
R Muhamad Ramdhan
Nama Kontingen Perusahaan: 
Astra Otoparts - Divisi Adiwira Plastik
Alamat Perusahaan: 
Jl raya jakarta bogor km 51,3 sukaraja bogor 16710