Sawit dan Lingkungan

Pagi.. Pagi di PT Astra Agro Lestari selalau menawarkan cerita- cerita yang berwana. Ada yang memulai dengan ide-ide baru, ada yang memulai hari dengan berlari (Bukan untuk berolahraga.. Hanya mengejar absensi) atau menghabiskan segelas kopi di belakang kantor.
Walau dengan bagaimanapun caranya memulai cerita di pagi hari. Bekerja di AAL selalu menyenangkan. AAL mengenalkanku tentang kehidupan di perkebunan kelapa sawit di Kalimantan. Dalam sebuah perjalanan dinas ke Kalimantan, ada seorang bapak bercerita kepadaku tentang isu-isu miring dampak indutri kelapa sawit untuk lingkungan. Kalau dibilang industri kelapa sawit berdampak buruk bagi lingkungan? Mungkin iya. Bukankah industri lain juga mengalami hal serupa. Tinggal kita lihat seberapa besar perbandingan dampak positif dan negatif diberikan kepada kita. Bukankah adanya industri kelapa sawit di Kalimantan, menjadikan masyarakat dimudahkan dalam akses kesehariaannya. Karena saya lihat disana, selain membangun perkebunan sawit, AAL juga membangun rumah, sekolah, jalan, mushola, dan polibun. Dan tak lupa lagi AAL juga menyediakan bus yang siap menjemput adek – adek kita ke sekolah. Dan adek-adek kita tidak perlu merasakan berjalan ke sekolah berkilo-kilo meter.
Sebagai penutup.. Bukankah semua usaha / indutri ingin berlangung lama? Bahasa kerennya anak ekonomi ada “going concern-nya”. Jadi saya yakin AAL ataupun industri kelapa sawit lainnya akan menjaga tanah atau lingkungan agar tetap terjaga dan memberi manfaat

Nama Lengkap: 
Parahita Nareswari
Nama Kontingen Perusahaan: 
Astra Agro Lestari
Alamat Perusahaan: 
Jalan Pulo Ayang Raya Blom OR 1,Kawasan Industri Pulogadung